Sejarah Internet di Indonesia Dan Dunia

  • 2 min read
  • Mar 17, 2020

Memahami sejarah Internet dari waktu ke waktu menurut situs wikipedia, singkatan dari Internet (interkoneksi-jaringan) adalah sistem global jaringan komputer yang saling terhubung yang terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Adapaun menggunakan standar yang disebut Internet Protocol Suite (TCP / IP).  Saat ini hampir semua bidang kehidupan manusia dapat dihubungkan ke Internet. Misalnya, promosi suatu produk, jejaring sosial teman, pekerjaan, komunikasi, dan banyak aktivitas manusia lainnya yang berkaitan dengan Internet. Peran internet dalam kehidupan manusia begitu besar, tetapi bagaimana dengan sejarah Internet di Indonesia dan dunia hingga Internet bisa seperti ini sekarang?

Sejarah Internet di Dunia

Ini adalah awal dari perkembangan Internet di Indonesia dan dunia. Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat ternyata menjadi tonggak awal perkembangan internet. Saat itu, Uni Soviet berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa, bernama Sputnix. Negara kemudian membentuk badan yang bertujuan untuk meningkatkan, khususnya di bidang teknologi komputer sebagai ARPA (Advanced Research Project Agency) di bawah Departemen Pertahanan AS Seriat pada tahun 1958. ARPANET yang merupakan bagian dari tim ARPA, berhasil menciptakan jaringan komputer pertama yang menghubungkan dua komputer dengan jarak yang cukup jauh, pada tahun 1965. Jaringan komputer ARPANET menghubungkan komputer di Lincoln Laboratory IT dengan komputer lain yang berada di Santa Monica.

Jaringan komputer ini menggunakan jaringan yang menghubungkan ponsel dengan kecepatan 1200 bps. Jaringan komputer ini terus dikembangkan hingga tahun 1969 telah mengelola jaringan yang menghubungkan empat universitas di Amerika.    Jaringan komputer Pengembangan berlanjut dan pada tahun 1971 ARPANET telah berhasil menghubungkan 23 jaringan semacam itu di satu tempat. Dalam ARPANET juga diumumkan kepada masyarakat luas di jaringan komputer. Jaringan ARPANET diperkenalkan kepada publik ketika telah mampu melakukan proses pengiriman dan penerimaan file dari satu komputer ke komputer lain dan menggunakan protokol pengiriman pesan.

Orang-orang mulai mengenali istilah Internet pada tahun 1972. Diperkenalkan oleh Vint Cerf, yang kemudian dikenal sebagai “Bapak Internet” dan protokol untuk mengirim file dari satu komputer ke komputer lain terus disempurnakan menjadi TCP / IP (Transmission Control Protocol) / Internet Protocol) masih digunakan sebagai protokol standar Internet sampai sekarang. Sejarah internet di dunia mulai berkembang. Dalam sejarah internet di dunia, perkembangan internet sangat menakjubkan. Bahwa pada awal proyek untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan adalah proyek antar universitas.  Sejarah Internet di Indonesia Untuk Indonesia sendiri, internet adalah yang pertama di Universitas Indonesia pada tahun 1988. Akses untuk terhubung ke internet saat itu masih sulit dan biaya yang diperlukan untuk terhubung ke internet sangat mahal, karena jarang diketahui oleh internet publik . Teknologi baru yang digunakan saat itu untuk menyediakan koneksi ke internet belum dikelola secara optimal. Oleh ARIN dan APNIC Whois mencatat, protokol Internet (IP) pertama di Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206 / 24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Tokoh legendaris dunia internet di Indonesia diantaranya RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo Perkembangan awal Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing telah berkontribusi pada keahlian dan dedikasi pribadi dalam membangun jaringan komputer rekaman sejarah di Indonesia.

Hanya setelah IndoNet, Penyedia Layanan Internet (ISP) di Indonesia didirikan pada berdiri tahun 1994, Internet mulai dikenal oleh publik. Perlahan mendapatkan akses internet semakin mudah didapat. Banyak ISP baru yang berdiri. Sejarah internet tumbuh lagi di Indonesia dan Dunia. Operator ponsel juga tidak mau kalah untuk menambah fasilitas internet dalam layanan mereka. Kemudahan membuat hampir semua orang Indonesia dapat menikmati akses internet yang baik dari ponsel, warnet, atau berlangganan paket internet. Saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 45 juta orang, atau sekitar 20% dari populasi Indonesia yang berjumlah 250 juta orang.